12 Hal Detail Yang Wajib Diingat Dalam Persiapan Pernikahan

Halo wanita
Masih dalam tahap mempersiapkan pernikahan? Sebelum membaca 12 Hal Detail Yang Wajib Diingat Dalam Persiapan Pernikahan anda disarankan membaca 11 Panduan Dasar Mempersiapkan Pernikahan. Nah langsung saja simak artikel berikut ini :




1
Temukan gaun Anda!
 
Berbelanja gaun pernikahan dapat menjadi hal yang menyenangkan, tetapi kebanyakan tempat akan membutuhkan waktu 4-6 bulan untuk mengirimkan gaun Anda. Ini adalah hal terakhir yang ingin Anda khawatirkan. Ingatlah, terdapat perubahan-perubahan yang mungkin juga perlu dilakukan. Daripada pergi ke sebuah toko untuk memesan secara khusus, kunjungilah toko pengantin yang memiliki berbagai macam pilihan gaun. Cobalah untuk mencari sebuah gaun yang tersedia di rak, yang tidak perlu dipesan terlebih dahulu. Anda tidak memiliki waktu untuk mengepasnya secara konstan. Ingatlah hal tersebut saat mencoba pakaian. Terkadang, gaun yang luar biasa tersebut akan terlihat tidak terlalu luar biasa saat Anda tidak memiliki gaun yang siap pada hari pernikahan atau akan membuat kepala gundul karena habis rambutnya Anda tarik, saking kesalnya.
  • Gaun yang memiliki renda di bagian belakangnya akan lebih mudah untuk dipas dan akan membutuhkan lebih sedikit kunjungan ke sang penjahit.
  • Anda mungkin akan perlu berkendara ke sebuah kota yang lebih besar, untuk menemukan toko yang memiliki berbagai jenis macam gaun dalam berbagai ukuran. Bawalah teman-teman atau keluarga Anda yang mudah diajak untuk berbelanja dan bukan malahan membuat prosesnya menjadi lebih sulit. Bawa serta BH Anda dan sepasang sepatu berhak untuk mengukur panjangnya. Bawalah sepasang Spanx (pakaian dalam yang dapat meregang, untuk mengurangi ukuran gaun Anda). Jika Anda menemukan sebuah gaun yang terlalu sempit, cobalah kembali dengan menggunakan pakaian dalam pendukung tersebut. Bawalah sebuah kamera dan ambil foto diri Anda saat mengenakan gaun tersebut jika diperbolehkan.
  • Ingatlah tempat acaranya. Sebuah gaun panjang katedral ala Putri Diana belum tentu akan terlihat baik di setiap tempat. Semakin kecilnya tempat berlangsungnya acara, semakin pendek pula sebaiknya gaun pengantinnya. Jika Anda belum mengetahui tempat acaranya, pilihlah sebuah gaun pengantin yang lebih pendek dan sederhana.
  • Jangan takut dengan toko konsinyasi. Jika gaunnya tidak sempurna, Anda selalu dapat meminta mereka untuk menghilangkan beberapa bagian besarnya dengan cukup mudah, tetapi jangan lakukan rekonstruksi secara keseluruhan, kecuali Anda merasa nyaman dengan penjahitnya.
  • Hargai warisan Anda dan tanyakan ibu, nenek, bibi serta yang lainnya, apakah ada yang memiliki gaun pengantin. Gaun klasik akan membuat acaranya menjadi jauh lebih spesial. Kemungkinan besar mereka akan merasa sangat terhormat jika Anda menggunakan gaun mereka dan tidak akan keberatan jika diubah. Cukup hanya dengan menanyakannya.


2
Putuskan siapa yang Anda inginkan untuk turut ambil bagian pada pernikahan dan tanyakan mereka.

  • Pertimbangkanuntukmengkombinasikan pesta pernikahannya dengan cara tradisional. Minta salah satu anggota keluarga terdekat untuk berdiri bersama pengantin wanita dan satu bersama pengantin pria. Pelayan kehormatannya dapat mengenakan salah satu dari gaunnya atau gaun koktail dan pendamping pengantin pria dapat menggunakan setelan jas. Meskipun Anda memiliki empat saudara perempuan, cukup jelaskan dan beritahukan kepada mereka bahwa Anda hanya dapat memilih salah satu. Minta ibu Anda untuk berdiri dengan Anda. Anda sebenarnya tidak memerlukan semua pelayan, pelayan pengantin wanita yunior, gadis pembawa bunga, pembawa cincin, dll. Jagalah agar tetap sangat sederhana.
  • Ingatlah, semakin banyak orang yang Anda minta, akan semakin banyak mengeluarkan biaya dan waktu untuk jangka panjangnya.
  • Jangan menganggap setiap teman Anda harus berada di dalam seremoni. Kemungkinannya adalah mereka diam-diam akan berterima kasih, karena berada di dalam sebuah pernikahan membutuhkan banyak waktu dan uang bagi semua orang. Jika mereka mencintai Anda, mereka akan tetap membantu dan kemungkinan malah akan menjadi lebih termotivasi.
  • Ada urusan keterbatasan waktu di sini, jadi pertimbangkan tentang orang-orang yang mungkin harus bepergian dalam jarak yang jauh untuk ikut terlibat.
  • Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif dan ringan tangan. Anda tidak memiliki waktu untuk ratu drama atau vampir-vampir yang emosional.


3
Pilihlah gaun untuk para pelayan pengantin wanita. 
Seperti gaun pernikahan, hal ini dapat memakan waktu beberapa bulan hingga diterima jika Anda memesannya dan mungkin butuh diubah oleh para pelayan pengantin wanita Anda. Para pelayan pengantin wanita mungkin tidak terlalu "perhatian" pada rentang waktu Anda, jadi coba untuk memilihkan gaun yang tidak terlalu berbentuk atau memiliki renda daripada ritsleting. Mereka akan menghemat biaya untuk mengubah dan rincian-rincian kecil tidak akan menjadi masalah besar, jika mereka tidak menggunakan seorang penjahit yang baik.
  • Kunjungi pusat-pusat perbelanjaan utama dan toko-toko pengantin untuk mendapatkan kesempatan untuk membeli apa yang tersedia. Bawa serta para pelayan pengantin wanita Anda sehingga mereka dapat mengepasnya.
  • Jangan khawatir akan gaya gaun yang berbeda. Selama warnanya sama, Anda dapat menggunakan gaya yang berbeda-beda. Hal ini dapat menjadi sebuah cara yang luar biasa untuk menemukan gaun-gaun yang pas dengan berbagai bentuk tubuh, tanpa harus membuat perubahan yang besar.
  • Pertimbangkan untuk pergi ke bagian gaun acara resmi di pusat perbelanjaan (dan bukannya ke bagian pengantin), untuk gaun-gaun para pelayan pengantin wanita Anda, daripada mengunjungi toko pengantin. Mereka akan mendapatkan gaun-gaunnya lebih cepat dan kemungkinan dapat sekaligus menghemat uang. Pembayaran sebagian dan perubahan juga kadang termasuk.


4
Jadwalkan waktu untuk pengukuran tuksedo atau setelan jas para pendamping pengantin pria. Pengukuran tuksedo butuh dilakukan beberapa kali dan hal ini dibutuhkan untuk mendapatkan pengepasan yang terbaik. Jika mereka tinggal di luar kota, mereka dapat diukur oleh toko penyewaan tuksedo terdekat dengan mereka dan ukurannya dapat dikirim ke toko tuksedo setempat Anda.
  • Jangan biarkan pendamping pria menerka ukurannya atau memperbolehkan seseorang selain toko tuksedo untuk mengukurnya.
  • Mintalah para pendamping pria untuk mengambil tuksedo mereka beberapa hari sebelum pernikahan. Kamis pagi biasanya merupakan hari yang paling lambat untuk sebuah pernikahan di hari Sabtu. Mereka harus mencoba tuksedo, sepatu, dll. secepatnya. Jika ada masalah dengan ukuran atau hasil pengukuran, toko tersebut masih tetap dapat memanfaatkan satu atau dua hari, untuk mencari jalan keluar dan kemungkinan untuk menerima pengiriman ukuran lainnya.


5
Temui beberapa fotografer yang berbeda. 
Kebanyakan fotografer sibuk dan memiliki jadwal yang terbatas. Tetapi, jika Anda mulai lebih awal, tanggal Anda kemungkinan besar masih tersedia. Pertimbangkan untuk menanyakan seorang teman yang Anda tahu dapat mengambil foto dengan luar biasa. Anda mungkin harus mengorbankan foto dalam berbagai pose, karena hal tersebut membutuhkan latihan untuk mempersiapkannya.
  • Ingatlah bahwa seorang fotografer perkawinan profesional yang berpengalaman akan menghasilkan gambar-gambar yang berkualitas, dalam cuaca apa pun atau terlepas dari keadaan-keadaan yang mungkin muncul secara tidak terduga.
  • Tanyakan ke toko kamera setempat Anda, apa mereka mengenal fotografer pemula atau siapa pun yang baru mulai bekerja di bidang fotografi pernikahan. Mereka mungkin kenal dengan seseorang yang tidak tercantum di buku telepon, yang dapat menghasilkan pekerjaan yang luar biasa.
  • Mintalah agar Anda dapat melihat semua foto-foto mereka dari sebuah pernikahan yang lengkap, tidak hanya yang 'terbaik' dari beberapa pernikahan
  • Persepsinya adalah bahwa biaya digital lebih murah, sehingga biaya tetapnya akan menjadi minimal. Para fotografer akan menjelaskan kepada Anda tentang modal investasi di dalam peralatan profesional jauh lebih tinggi dan waktu yang digunakan untuk menyunting foto jauh lebih intensif dibandingkan hari-hari dengan menggunakan rol film. Bandingkan biaya dengan kualitasnya, ajukan pertanyaan dan gunakan seseorang yang dapat mudah berkomunikasi dengan Anda.
  • Anda mungkin ingin menghemat uang dengan membuat sebuah pengaturan dengan sang fotografer dan memperoleh sebuah CD berisikan gambar-gambar Anda, untuk kemudian dicetakkan di toko foto setempat.
  • Ingatlah bahwa sang fotografer memiliki hak ciptanya (berdasarkan hukum, siapapun yang mengambil gambarnya, dia adalah pemiliknya), jadi pastikan bahwa setiap reproduksi dari gambar-gambar tersebut diizinkan secara tertulis oleh sang fotografer.
  • Tambahkan kamera sekali pakai ke meja-meja resepsi. Tinggalkan sebuah catatan kepada para tamu untuk mengambil foto, dan meninggalkan kameranya. Ingatkan bahwa kamera tersebut bukanlah mainan untuk anak-anak mereka.


6
Mendaftarlah untuk hadiah pernikahan di toko 
Kebanyakan pusat perbelanjaan nasional dan toko-toko berpotongan harga menyediakan pendaftaran untuk hadiah pernikahan. Jaringan nasionalnya juga membuatnya lebih mudah bagi orang-orang di luar kota.
  • Jika Anda melangsungkan sebuah pernikahan yang kecil dan sederhana, sebaiknya Anda menjaga agar daftar permintaan hadiah tersebut tetap sederhana dan fokus pada hal-hal yang penting (handuk, barang pecah belah yang umum, peralatan masak, barang-barang untuk menyajikan makanan, dll.).
  • Jika Anda memiliki anggaran yang lebih besar dan dapat melangsungkan pernikahan dan resepsi secara maksimal, meskipun dalam kerangka waktu yang singkat, Anda dapat mengajukan permintaan hadiah yang lebih mewah, seperti pecah belah yang mahal, kristal dan perak.
  • Etika menyarankan agar semua orang yang diundang ke acara pelepasan masa lajang juga harus diundang ke pernikahan dan/atau resepsi. Pengecualiannya adalah sebuah pernikahan tempat tujuan dengan resepsi atau acara/undangan makan siang yang diselenggarakan oleh rekan kerja.
  • Laki-laki juga dapat melangsungkan acara tersebut. Jika pasangan tersebut membutuhkan banyak barang untuk memulai, mintalah seorang saudara pria atau teman untuk mengadakan sebuah pesta halaman untuk pengantin pria. Pastikan ia mendaftar untuk barang-barang tersebut.
  • Mendaftarlah pada satu atau dua toko. Cobalah untuk mempertimbangkan toko yang nyaman untuk teman dan keluarga.
  • Ingatlah untuk membeli tanda terima kasih dan prangko. Kirimkan tanda terima kasih tersebut secepat mungkin, setelah Anda menerima sebuah hadiah atau jika seseorang membantu pernikahan Anda dengan cara tertentu. Anda tidak memiliki banyak waktu dan jika perhatian Anda teralihkan, mungkin Anda tidak akan dapat mengirimkan kartunya dalam kerangka waktu yang sesuai.


7
Kunjungi toko bunga. 

Jika Anda menemukan salah satu yang memiliki reputasi dan memungkinkan, Anda sebaiknya langsung memesannya. Diharapkan, Anda telah melihat-lihat buku pernikahan dan situs desain bunga untuk mendapatkan ide bagaimana bunga Anda akan terlihat. Idealnya, Anda mencetak gambar-gambar tersebut dan menyimpannya di dalam buku pernikahan Anda.
  • Tidak semua bunga tersedia sepanjang tahun. Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda harus membayar hampir dua kali lipat untuk satu jenis bunga yang sedang tidak musim dan sulit untuk didatangkan, tetapi Anda dapat menggantinya dengan jenis bunga yang serupa, yang lebih banyak tersedia.
  • Tanyakan toko bunga Anda tentang ide yang mereka miliki untuk membuat biayanya lebih terjangkau.
  • Pertimbangkan desain yang sederhana dengan satu jenis bunga atau beberapa jenis bunga yang sederhana dengan sebuah pita yang indah. Hal ini untuk menjaga agar biayanya tetap rendah! Jangan lupa bahwa banyak jenis bunga yang biasanya akan mati pada hari berikutnya.
  • Tidak dapat menemukan sebuah toko bunga? Jangan panik! Anda hanya perlu berpikir ulang dan berkompromi.
    • Hubungi kembali semua toko bunga dan tanyakan tentang penyewaan tanaman pot, meminta mereka untuk membuatkan korsase danboutonnieres, agar semuanya dapat Anda ambil sehari sebelumnya. Mintalah mereka untuk menggunakan bunga yang lebih tahan lama!
    • Minta mereka untuk mempersiapkan bunga yang sederhana, tetapi tahan lama, yang dibungkus dengan pita untuk menjadi karangan bunga (sekali lagi, yang akan Anda ambil sehari sebelumnya dandirendam di dalam air).
    • Toko bunga tetap akan melakukan sebagian besar pekerjaan, tetapi Anda harus mengambil sehari sebelumnya, meletakkan semua pada tempatnya dan bahkan mungkin membawa kembali tanaman-tanaman tersebut kembali ke toko bunga.
    • Mereka mungkin akan melihat ini sebagai sebuah cara untuk mendapatkan bisnis tambahan, tanpa sesungguhnya harus mengunjungi tempat pernikahan untuk menghiasnya.

8
Pergilah ke percetakan undangan. 
Cobalah untuk memilih jenis yang tidak membutuhkan banyak persiapan saat undangan tersebut datang. Undangan-undangan yang menggunakan pita memang terlihat mungil, tetapi apakah Anda benar-benar punya waktu untuk memasangkannya, memasukkan ke dalam amplop, menuliskan alamat dan mengirimkannya?
  • Kebanyakan toko pengantin memiliki buku undangan yang dapat dipesan. Tanyakan terlebih dahulu, berapa lama waktu untuk mempersiapkannya.
  • Akan lebih baik mungkin untuk Anda, untuk mendapatkan sebuah undangan yang sederhana dari sebuah percetakan setempat. Dengan tersedianya teknologi, kebanyakan percetakan setempat dapat menghasilkan pekerjaan yang baik. Mereka juga mungkin akan merasa lebih terdorong untuk bekerja lebih baik, karena Anda juga orang setempat dan reputasi adalah segalanya.


9
Hubungi jasa katering setempat dan diskusikan 
Diskusikan berbagai menu dan biaya. Juga diskusikan, apakah Anda ingin menawarkan minuman beralkohol dan cara untuk menyajikannya.
  • Apakah Anda akan menawarkan para tamu untuk menyantap makanannya dengan cara duduk di meja? Akan lebih murah halnya untuk menawarkannya dengan cara heavy hors d'ourves atau prasmanan. Hal itu akan lebih banyak menyisihkan uang untuk minuman beralkohol.
  • Pertimbangkan untuk hanya menawarkan bir, anggur dan sampanye, untuk menghemat biaya tambahan.
  • Jangan tawarkan minuman beralkohol. Berhematlah lebih banyak dengan menawarkan kopi, teh atau minuman sari buah, untuk sebuah pernikahan yang dilangsungkan pada awal sore hari.
  • Selama resepsinya tidak dilangsungkan di antara waktu makan, Anda dapat terhindar untuk menyediakan banyak makanan. Rencanakan pernikahan Anda setelah makan siang, tetapi sebelum makan malam, untuk memotong biaya katering. Para tamu tentunya diperkirakan sudah makan.
  • Tawarkan kopi atau kue resepsi dengan roti lapis, kudapan dari keju dan minuman sari buah, serta makanan ringan lainnya. Manfaatkan toko makanan untuk siapkan roti isinya, serta mintalah seorang sukarelawan untuk menyiapkan makanannya. Lewatkan untuk menggunakan sebuah katering secara sekaligus.
  • Tetapkan apa yang akan terjadi pada sisa makanan dan minuman. Jika Anda membayarnya, maka ini adalah milik Anda. Simpan dan bekukan sisa yang ada, siapkan sebuah keranjang piknik untuk perjalanan bulan madu Anda. Bawalah tempat-tempat penyimpanan dan mintalah seseorang untuk mengemasnya setelah resepsi berakhir.
  • Tentukan kapan Anda akan memberikan mereka perhitungan terakhir untuk jumlah kepala atau tanggal terakhir untuk mengubah menu. Jika anggaran Anda menjadi tak terkendali, merupakan hal yang baik untuk menguranginya pada sisi katering.
  • Tentukan jika Anda membutuhkan sebuah lisensi satu hari untuk menyajikan minuman beralkohol atau hal tersebut sudah disediakan oleh tempat resepsi atau katering.


10
Hubungi toko roti atau spesialis kue pernikahan  Beritahukan mereka berapa banyak orang yang akan hadir. Beritahukan mereka apakah pernikahan Anda akan berada di dalam atau di luar ruangan, sehingga mereka dapat memberikan saran mengenai bahan-bahan apa yang akan tahan terhadap cuaca. Tidak ada seorang pun yang ingin melihat sebuah kue meleleh.



11
Carilah sebuah grup musik atau DJ. 
Jika memesan sebuah grup musik atau DJ, Anda sebaiknya mulai mencari tahu ke sekeliling dan melihat siapa yang baik untuk tempat tersebut. Dengan jadwal yang singkat, seorang DJ mungkin akan lebih terjangkau dan lebih fleksibel. Tanyakan ke sekeliling Anda dan lihatlah siapa yang direkomendasikan. Seperti biasanya, jika yang terbaik telah dipesan, tanyakan siapa lagi yang mereka rekomendasikan. Temui dan diskusikan daftar lagunya.
  • Jika Anda merencanakan sesuatu yang kecil, jangan khawatir untuk menghibur semua orang dengan sebuah resepsi dansa.
  • Hubungi perguruan musik setempat untuk membuat kesepakatan dalam menghadirkan sebuah seksi gesek yang kecil untuk pernikahan.
  • Untuk pernikahan yang super kecil, Anda dapat sekaligus melewatkan urusan musiknya. Jika acara ini sedemikian akrabnya, setiap orang akan mengenali orang lain dan mereka juga akan mengobrol antara yang satu dengan yang lainnya.


12
Mulailah membuat rencana untuk bulan madu Anda. Memesan tiket penerbangan dan hotel lebih awal dapat membantu Anda menghemat uang dan jika sebuah paspor dan/atau visa dibutuhkan, kemungkinan hal ini akan memakan waktu beberapa bulan.

Sumber: wikihow
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url